Minggu, 19 November 2017

Profile iKON (아이콘)


iKon (Hangul아이콘), juga ditulis sebagai iKON, adalah boy band asal Korea Selatan yang dibentuk pada 2015 oleh YG Entertainment. Grup ini pertama kali diperkenalkan dalam acara realitas WIN: Who is Next sebagai "Tim B." Setelah itu, Tim B muncul kembali dalam acara realitas survival Mix & Match, yang menentukan tujuh anggota formasi akhir dari iKON: B.IBobbyJayJuneSong, DK dan Chan.
Menurut CEO YG Entertainment Yang Hyun-suk, huruf "C" dalam kata "ICON" diubah dengan huruf "K" karena ia ingin mereka menjadi "icon" bagi Korea. Grup ini debut pada 15 September 2015 mealui perilisan digital singel pertama mereka yang berjudul "My Type" dari album studio pertama, Welcome Back. Penampilan panggung debut mereka dilakukan pada 4 Oktober 2015 di SBS Inkigayo.
Per Maret 2017, grup ini telah menjual lebih dari 330,000 album fisik, dan lebih dari 5.6 juta catatan digital.

Sebelum grup dibentuk, leader B.I tampil dalam lagu MC Mong yang berjudul "Indian Boy" pada tahun 2009.[2] Ia tampil bersama MC Mong di SBS Dream Concert 2009 dan juga di You Hee-yeol's Sketchbook bersama dengan MC Mong.[3]
Koo Junhoe muncul pertama kali dalam acara varietas SBS Star King pada awal tahun 2009 dan membawakan gerakan tarian Michael Jackson.[4] Ia juga berpatisipasi di ajang pencarian bakat SBS K-pop Star pada tahun 2011.[4]
Pada 3 Januari 2011, B.I dan Kim Jinhwan secara resmi menjadi trainee YG Entertainment yang disusul oleh Bobby seminggu kemudian. Pada 18 April 2012, Koo Junhoe dan Song Yunhyeong bergabung dengan Tim B yang diikuti dengan bergabungnya Kim Donghyuk pada 5 November 2012 sebagai anggota keenam sekaligus yang terakhir.[5]
Who is Next: WIN
Grup ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 2013 melalui program Who is Next: WIN sebagai Tim B yang terdiri dari leader B.I, Bobby, Jinhwan, Junhoe, Yunhyeong, dan Donghyuk.[3] Tim B berkompetisi melawan grup trainee lainnya yang disebut sebagai Tim A dan yang menang berkesempatan untuk debut sebagai grup Winner. Setelah melalui tiga putaran pemilihan suara dari penonton, Tim B akhirnya kalah dari Tim A dan kembali menjadi trainee YG.[1] Selama program ini, Tim B merilis dua singel, yakni "Just Another Boy" dan "Climax".
Pada 9 November 2013, para anggota Tim B muncul sebagai penari latar dalam video musik "Ringa Linga" milik Taeyang.
Show Me The Money 3
Pada tahun berikutnya, Bobby dan B.I berpatisipasi dalam program Show Me The Money 3 sementara saat itu juga sedang berlangsung program Mix & Match (keduanya acara dari Mnet). B.I tereliminasi di episode 7 sebagai 8 besar, sedangkan Bobby menjadi juara pertama musim itu. Dari program ini, mereka masing-masing merilis lagu solo yang ternyata sangat sukses dan menduduki posisi nomor 1 di berbagai tangga lagu. B.I merilis singel gubahannya sendiri berjudul "Be I", sementara Bobby merilis 4 lagu antara lain "L4L (Lookin' For Luv", "연결고리#힙합 (YGGR#hiphop)", "가 (GO)" dan "가드올리고 Bounce (Raise Your Guard and Bounce)."
Pada 12–13 April 2014, Tim B tampil di YG Family Japan Tour di Kyocera Dome, Osaka.
Mix & Match
Pada Juni 2014, Tim B tampil dalam acara realitas kedua berjudul Mix & Match sebagai tindak lanjut dari WIN: Who Is Next. Tujuan acara ini adalah untuk menentukan formasi akhir dari iKON. Saat Bobby, B.I, dan Jinhwan telah dikonfirmasi sebagai anggota iKON, para anggota tersisa dari Tim B akan berkompetisi melawan tiga trainee baru, yakni Jung Jin-hyeong, dan Yang Hong-seok, serta Jung Chan-woo yang sebelumnya telah dikenal sebagai aktor cilik.Server blog resmi YG mengalami gangguan sebelum pengumuman resmi formasi akhir iKON.Anggota yang berhasil lolos antara lain Junhoe, Yunhyeong, Donghyuk dan Chanwoo. Menyusul kesuksesan acara tersebut, para anggota iKON menggelar jumpa penggemar di Korea, Jepang dan Tiongkok. Pada bulan September, sekitar 40.000 penggemar asal Jepang memperebutkan 2.000 tiket untuk jumpa penggemar di Osaka Tojima River Forum, sementara itu lebih dari terdapat sekitar 50.000 penggemar asal Tiongkok mencoba membeli tiket untuk jumpa penggemar yang dilangsungkan di Beijing. Pada 29 Desember, Mix & Match ditayangkan di saluran CS di Jepang.
Pada 12 Agustus 2014, Winner debut dengan singel "Empty" yang ikut disusun dan ditulis oleh B.I dan Bobby. B.I dan Bobby ikut serta tampil dalam "Born Hater", singel utama dari album studio ke-8 Epik High yang dirilis pada 18 Oktober 2014. B.I dan Bobby menampilkan "Born Hater" bersama Epik High dan Mino Winner di Mnet Asian Music Awards dan SBS Gayo Daejun 2014. Bobby tampil di lagu 'YG's 2nd HIPHOP PROJECT' "Come Here" bersama rapper senior Masta Wu dan Dok2. Bobby juga tampil di lagu Hi Suhyun yang berjudul "I'm Different".
Pada 15 Desember 2014, iKON tampil sebagai pembuka konser Big Bang Japan Dome Tour 2014-2015 X. Pada 28 Januari 2015, Billboard mengumumkan iKON sebagai salah satu dari "Top 5 K-Pop Artists to Watch in 2015" di mana iKON merupakan satu-satunya grup dari daftar tersebut yang belum melakukan debut resmi.

1. Jay

Nama asli : Kim Jin-hwan
Nama panggung : Jay
Tanggal lahir : 7 Febuari 1994
Tempat lahir : Jeju
Warga negara : Korea Selatan
Tinggi badan : 168 cm
Golongan darah : A
Zodiak : Aquarius
Shio : Anjing
Posisi : Vocal dan dancer

2. Song


Nama asli :  Song Yoon-hyeong
Nama panggung : Song
Tanggal lahir : 8 Febuari 1995
Tempat lahir : -
Warga negara : Korea Selatan
Tinggi badan :  -
Golongan darah : A 
Zodiak : Aquarius
Shio : Babi
Posisi : Vocal dan dancer

3. Bobby


Nama asli : Kim Ji-won
Nama panggung : Bobby
Tanggal lahir : 21 Desemberi 1995
Tempat lahir : -
Warga negara : Korea Selatan
Tinggi badan : 178 cm  
Golongan darah : O
Zodiak : Sagitarius
Shio : Babi
Posisi : Rapper, penulis lagu, komposer (bersama B.I)

4. B.I (Sudah keluar)


Nama asli : Kim Han-bin
Nama panggung : B.I
Tanggal lahir : 22 Oktober 1996
Tempat lahir : Gyeonggi, Goyang
Warga negara : Korea Selatan
Tinggi badan : 177cm 
Golongan darah : O
Zodiak : Libra
Shio : Tikus
Posisi : Leader, rapper, dancer, penulis lagu, koreografi

5. DK


Nama asli : Kim Dong-hyuk
Nama panggung : DK
Tanggal lahir : 3 Januari 1997
Tempat lahir : Seoul
Warga negara : Korea Selatan
Tinggi badan :  -
Golongan darah : O
Zodiak : Capricon
Shio : Kerbau 
Posisi : Vocal dan dancer

6. June


Nama asli : Goo Jun-hoe
Nama panggung : June
Tanggal lahir : 31 Maret 1997
Tempat lahir : Seoul
Warga negara : Korea Selatan
Tinggi badan : 184 cm 
Golongan darah : A
Zodiak : Aries
Shio : Kerbau
Posisi : Vocal

7. Chanwoo


Nama asli : Jung Chan-woo
Nama panggung : Chanwoo
Tanggal lahir : 26 Januari 1998
Tempat lahir : Gyeonggi-do
Warga negara : Korea Selatan
Tinggi badan : 182 cm 
Golongan darah : A
Zodiak : Aquarius
Shio : Macan
Posisi : Maknae, Vocal

Sumber : deskripsi grup

Note : Terima kasih yang sudah membaca dan jangan lupa untuk share semua media sosial yang kalian punya, love Peachxx 💘

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar